• SMP IT NURUL HASAN
  • SMP IT Nurul Hasan

Generai Islam Di Era Revolusi Industri 4.0

Pendidikan merupakan   usaha sadar dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk mencapai kegiatan proses belajar di dalam kelas maupun di luar kelas untuk mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan dapat mengembangkan potensi masyarakat, mampu menumbuhkan kemauan, serta membangkitkan nafsu generasi bangsa untuk menggali berbagai potensi, dan mengembangkannya secara optimal bagi kepentingan pembangunan masyarakat secara utuh dan menyeluruh.

Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi informasi maka sekat-sekat kehidupan manusia menjadi sirna. Dunia seakan-akan menjadi satu tempat. Dengan demikian komunikasi antar manusia, hubungan antar manusia, masyarakat, dan bangsa menjadi transparan, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi. Umat manusia menjadi satu perdagangan di dunia, ekonomi dunia tidak dibatasi oleh perusahaan-perusahaan domestik tetapi perusaahaan multi nasional yang tanpa mengenal negara. Dunia yang terbuka juga menuntut suatu bentuk masyarakat baru yaitu masyarakat terbuka, masyarakat yang demokratis

Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. Teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup dan interaksi manusia (Tjandrawinata, 2016). Kemajuan teknologi pada  abad  21  atau  dikatakan  era  revolusi Industri 4.0  ini  masyarakat  mengalami perubahan yang sangat signifikan yaitu perkembangan teknologi yang semakin canggih di bidang teknologi komunikasi yang semakin cepat, sehingga dunia semakin sempit dan mudah dijangkau. Oleh karena itu, masyarakat semakin mudah dan terjangkau dalam menggunakan teknologi, terutama siswa yang masih menginjak remaja, sehingga orang tua, masyarakat dan para guru harus menyaring teknologi yang semakin mengglobal agar siswa tidak terbawa arus globalisasi. Dengan  demikian, pihak sekolah harus bisa menyaring  di era  Revolusi Industri 4.0 yang semakin menguasai kehidupan sehari hari.

Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era tanpa batas, sehingga manusia bisa melihat dunia dengan hitungan detik, menit, jam melalui internet. Di era ini, pendidikan perlu membentuk karakter siswa untuk menyongsong era Revolosi Industri 4.0. Permasalahan yang muncul pada diri siswa adalah mereka menghadapi era Revolusi Industri 4.0 ini dengan bebas, oleh sebab itu pendidikan Islam perlu menyaring semua ini, sehingga karakter siwa akan terbentuk.  

Menurut (Arifuddin, 2008: 36) pendidikan Islam  merupakan  dasar yang menjadi acuan karena pendidikan Islam merupakan sumber nilai kebenaran kekuatan yang dapat mengantarkan pada aktivitas yang dicita-citakan. Nilai yang terkandung di dalamnya menjadi penting karena dapat mencerminkan nilai universal yang dapat dikonsusikan oleh seluruh umat manusia. Dalam Islam terdapat beberapa istilah yang sangat tepat digunakan sebagai pendekatan dan penguatan pembelajaran, dengan menerapkan model pembelajaran penguatan pendidikan karakter, dapat membentengi arus globalisasi pada era revolusi industri, melalui pengintegrasian proses pembelajaran. Konsep pembelajarannya antara lain: tilawah menyangkut kemampuan membaca; ta’lim terkait dengan pengembangan kecerdasan intelektual (intellectual quotient); model tarbiyah menyangkut kepedulian dan kasih sayang secara naluriah yang di dalamnya ada asah, asih dan asuh; dan model ta’dib terkait dengan pengembangan kecerdasan emosional (emotional quotien); tazkiyah terkait   dengan   pengembangan   kecerdasan   spiritual   (spiritual   quotient);   dan  tadlrib   dan kecerdasan  fisik  atau  keterampilan.

Peran pendidikan Islam dapat membentuk karakter siswa di madrasah melalui intrakurikuler dan ektrakurikuler. Tetapi banyak permasalan-permasalahan yang dihadapi oleh sekolah maupun masyarakat dan keluarga dengan adanya era revolusi industri 4.0, siswa bebas dalam bergaul, siswa cenderung bermain handphone dan orang tua kurang mengontrol anak bermain handphone. Pagar sekolah tidak berfungsi melindungi dari arus teknologi sehingga siswa bebas keluar masuk, siswa bebas mengakses di internet lewat hp, belanja online dan lainnya. Dari permasalahan-permasalahan   tersebut perlu   membentuk karakter siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yang semakin mengglobal. inilah alasan SMP Islam Terpadu Nurul Hasan Ternate hadir untuk mendidik dan membina generasi islam Kota Ternate menjadi penerus bangsa yang mampu berkompetisi di era revolusi 4.0 dengan mengutamakan nilai-nilai spritual sebagai landasan utama untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengarungi zaman yang penuh dengan tantangan keyakinan.

Komentari Tulisan Ini